Dua Parpol Ambil Nomor Undian Pencuplikan Sampel Verifikasi Faktual Keanggotaan Kepengurusan di KPU Kota Ambon

kpu-ambonkota.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon melakukan pengundian nomor undian pencuplikan sampel keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019, Sabtu (16/12/2017) di ruangan rapat kantor  KPU Kota Ambon. Pencuplikan dilakukan dengan metode acak sederhana untuk memilih sampel anggota yang akan diverifikasi secara faktual oleh petugas KPU Kota Ambon. Verifikasi faktual dilakukan dengan cara mendatangi anggota parpol untuk mencocokkan kebenaran keanggotaan partai dan kesesuaian identitas Kartu Tanda Anggota (KTA)  dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dua parpol yang mengikuti undian tersebut adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Menurut M. Shaddek Fuad, anggota KPU Kota Ambon, pengundian ini adalah untuk menentukan siapa saja 10% dari total keanggotaan PSI dan Perindo dari Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) yang akan diverifikasi faktual keanggotaannya oleh KPU Kota Ambon.

“Setelah nomor undi diinput ke fitur dalam Sipol untuk diacak by system, selanjutnya KPU Kota Ambon akan mendownload daftar nama yang akan diverifikasi faktual,” ungkap M. Shaddek Fuad.

Sesuai dengan jam absen kehadiran, pengambilan nomor undi pertama dilakukan oleh Slamet sebagai petugas penghubung Perindo dengan mengambil nomor dalam amplop yang telah disediakan di kotak secara acak. Tanpa dibuka terlebih dahulu, penghubung Parpol menandatangani amplop tersebut serta memberi stempel basah untuk kemudian diberikan kepada komisioner KPU Kota Ambon, M Shaddek Fuad Dengan disaksikan oleh Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Banyumas, Kasubag Teknis, serta anggota PSI yang hadir, Waslam membuka amplop undian tersebut. Perindo mendapatkan nomor 6. Selanjutnya, angka undi tersebut diinput ke fitur Sipol untuk mendapatkan data sampel by name yang akan diverifikasi faktual.

Teknis pengundian yang sama juga dilakukan kepada penghubung PSI. Dalam pengundiannya, PSI mendapatkan nomor 8 yang kemudian diunggah ke Sipol. Sesuai nomor yang telah diundi tersebut, Sipol akan memberikan daftar nama anggota partai secara random yang harus diverifikasi faktual oleh KPU Kota Ambon.

Shaddek Fuad juga menambahkan, PSI dan Perindo agar menyiapkan diri terkait akan adanya verifikasi faktual terhadap kepengurusan parpol di tingkat kabupaten, pemenuhan 30% perwakilan perempuan di kepengurusan Parpol serta domisili kantor tetap Parpol tingkat Kota.

Author: admin

Komisi Pemilihan Umum Kota Ambon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *