KPU Kota Ambon Melakukan Rapat Pencermatan Penyusunan Anggaran Persiapan Pemilu Pilkada 2024

Ambon kpu-ambonkota.go.id KPU Kota Ambon menggelar Rapat Pencermatan Penyusunan Anggaran Persiapan Pemilu Pilkada 2024 di kantor KPU Kota Ambon, Kamis (25/3/2021)

KPU Kota Ambon menindaklanjuti hasil Rapat tersebut dengan menyiapkan perencanaan anggaran yang lebih teliti terkait Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak nasional 2024. Rancangan Anggaran tersebut telah tersusun dari KPU Pusat, dan kita melakukan perbaikkan yang dianggap perlu dilakukan sesuai dengan kondisi wilayah Kota Ambon. Selain itu perlu dilakukan persiapan regulasinya di tataran Peraturan KPU (PKPU), digitalisasi pemilu, dukungan anggaran, sumber daya manusia, sarana prasarana, serta tantangan atau potensi masalah Pemilu maupun Pilkada.

Selain itu, KPU juga belum menentukan apakah penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19 atau tidak, jika situasi pandemi belum berakhir, maka adopsi protokol kesehatan dalam setiap tahapan menjadi penting seperti pelaksanaan Pilkada 2020 lalu.

Jika hal itu terjadi, maka perlu disiapkan PKPU yang mengatur protokol kesehatan baik dalam Pemilu maupun Pilkada. Dalam konteks ini, sejumlah PKPU terkait protokol kesehatan dalam Pilkada 2020 bisa sebagai bahan pertimbangan.

Dengan demikian, KPU akan melakukan koordinasi dan membangun sinergitas dengan para pihak terkait, seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian, dan lain sebagainya. Koordinasi perlu dilakukan sejak awal, mulai dari perencanaan persiapan Pemilu dan Pilkada 2024.

Sebelumnya, KPU mengusulkan hari pemungutan suara Pemilu dilaksanakan pada Februari atau Maret 2024. Sedangkan, pencoblosan Pilkada di 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi jatuh pada 13 November 2024.

Untuk menyiapkan dan melaksanakan Pemilu 2024, KPU mengusulkan anggaran lebih dari Rp 86 triliun yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) secara multiyears, mulai 2021 sampai 2025. Sementara, usulan anggaran untuk Pilkada serentak 2024 sebanyak Rp 26,2 triliun yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023 dan 2024.

Author: admin

Komisi Pemilihan Umum Kota Ambon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *