PPK dan PPS Bimtek Pemutakhiran Data Dan Penyusunan Daftar Pemilih

kpu-ambonkota.go.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari lima kecamatan di Kota Ambon dilatih tata cara pengisian data pemilih berdasarkan formulir yang ditetapkan.

“Sebanyak 150 anggota badan Ad hoc KPU di kota Ambon dilatih tata cara pengisian data pemilih, setelah proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP),” kata Komisioner Divisi Perencanaan Data KPU kota Ambon Rudy Layn, Selasa, 16 Januari 2018.

Menurut dia, pelatihan yang dilakukan terkait materi tata cara entri data pemilih dari formulir A-KWK ke empat formulir lainnya. Model formulir A-KWK adalah formulir data pemilih hasil proses penelitian dan pencocokan (coklit), yang harus dientry atau dimasukan ke formulir AB-KWK atau daftar perubahan pemilih hasil pemutakhiran.

Selain itu formulir A.1-KWK atau rekapitulasi data pemilih sementara (PPS) desa,kelurahan dan negeri di tingkat PPS, formulir AC-KWK atau data pemilih potensial non KTP elektronik, serta formulir AC.1-KWK atau rekapitulasi daftar pemilih potensial non KTP.

Rudy menjelaskan, pembekalan para anggota PPS, PPK dan operator merupakan langkah awal sebelum dilakukan pengisaian data pemilih, serta memberikan penguatan serta tambahan pemahaman kepada setiap anggota Badan Ad-Hoc dan operator, untuk menjalankan tugas memasukan data pemilih jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Tahun 2018.

“Tahapan coklit yang dilakukan PPDP telah selesai dan hasilnya telah diserahkan ke KPU, data hasil coklit itu selanjutnya akan dientry oleh PPS, sehingga mereka harus dibekali dulu,” katanya.

Author: admin

Komisi Pemilihan Umum Kota Ambon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *